Cara Membuat Screen Sablon Dengan Mudah

Jika terdapat bagian pelan yang tidak tertembus larutan, maka perlu dengan air panas. Pemanfaatan air panas dalam hal ini yakni untuk melemahkan lapisan yang tidak larut oleh sentuhan air dingin. Penempatan film ataupun model adalah menempatkan film di atas permukaan screen sesuai dengan posisi cetak yang diinginkan. Penempatan film pada screen sebaiknya direkatkan dengan isolatip bening di sisi yang berlawanan buat menghindari terjadinya pergeseran possisi film selama pengontakan. Perakitan film pada permukaan screen disesuaikan dengan bagian mana bahan akan dicetak daripada posisi kita. Di atas film ditempatkan kaca bersih setebal lebih kurang 5 mm, dan di kaki gunung screen ditempatkan pula bantalan pengalas. Sama dengan penggaris kelokan, rakel juga dapat beroperasi sebagai alat pemoles bakal peka cahaya dengan hasil yang cukup merata dan baik.

Bila gambar belum mengembang maka dapat dijalani dengan cara merendam tilam kasa/screen seperti ini dengan menaruh air secukupnya di di rangka sablon untuk kaum menit, biasanya sekitar 3-5 menit untuk melunakkan pengembangan gambar. Setelah menghitung, dan fix klise diserahkan kembali ke tukang afdruk. Menyukai hasil foto ini ialah aktivitas selanjutnya yang dijalani dengan tidak sabar dan penuh penasaran. Anggota kelompok tersebut terkadang harus jalan-jalan salut atau sekedar ngebakso / ngewarung untuk menunggu. Homo roll film itu dulu bisa dipakai untuk foto 36 kali. Kalau camera-girl-nya canggih ya bisa mendapatkan 36 foto yang bagus-bagus, tanpa zonk.

Fungsi utama dibanding lem meja adalah supaya bahan/media yang akan kita sablon tidak bergeser tatkala kita cetak sablon. Tentu saja proses yang diterangkan diatas hanya ilustrasi sederhana saja. Dalam proses cap sebenarnya, ada begitu penuh hal dan peralatan dengan kita perlukan agar mencatat hasil sablon yang cantik. a Setelah penyinaran, screen dicuci dengan air normal.

Pabrikasi film ini menggunakan mesin pembuat repro hasilnya bertambah trasparan dan lebih hitam pekat. Film tersebut ialah master yang akan dipakai dalam keperluan cetak pola. Tentunya kalo kita mo nyablon perlu meja pola wat ngletakin obyek sablonannya. Di bagian atas merupakan kaca transparan, dan dibawahnya diletakkan lampu neon supaya bisa terlihat jelas tatkala menyablon. Gagang rakel berlangsungberoperasi, berproses, hidup, main, menyala sebagai pegangan, sedangkan (getah) perca rakel berfungsi untuk merapatkan tinta keluar melewati lubang kain screen.

Ada kalanya kita memerlukan tambahan kekuatan untuk hasil afdrukan kita, oleh sebab itu kita bisa menambahkan penguat afdrukan setelah jadi mengafdruk screen yang hendak kita pakai. Lem meja atau table wax ialah sebuah cairan yang berfungsi layaknya lem stiker, tapi memiliki keunggulan tidak menempel atau meninggalkan kotoran di bahan yang kita hendak sablonkan.

Dari kedua spesies tersebut banyak tukang cap menggunakan cat jenis POLYMATE dengan pengencer M4, beserta alasan jenis cat tersebut cukup baik digunakan guna kedua bahan dasar plastik tersebut. Untuk menyablon berbahan dasar plastik gunakanlah screen type menengah T150 atau T165, sedangkan cat mempergunakan jenis POLYTUF atau POLYMATE, tergantung jenis plastik dengan digunakan. Proses pengafdrukan merupakan proses yang sangat berarti dan menetukan bagi dampak sebuah pekerjaan sablon. Jika hasil afdrukannya baik oleh karena itu besar kemungkinan akan bagus hasil sablonannya. Film ini banyak digunakan oleh kurung profesional sablon karena kwalitasnya sangat bagus untuk menghasilkan afdrukan yang sempurna.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>